Pengertian Amonium Nitrat

Amonium Nitrat adalah senyawa kimia yang termasuk dalam golongan garam anorganik yang juga memiliki nama dagang Ammonium saltpeter; Nitric acid; Ammonium salt; Nitram; Norway saltpeter; Ammonium troksonitrogen; Ammonium saltpeter; Herco prills; Nitrate of ammonia; Nitric acid, ammonium salt; Varioform I.

Sifat Amonium Nitrat

Amonium nitrat yaitu padatan granul atau hablur berwarna putih atau tidak berwarna transparan, higroskopik, mudah mencair. Berat jenis 1,725. Suhu lebur 155°C, terurai pada suhu 210°C, rumus molekul NH4NO3, Berat molekul 80.0396, kelarutan 118% pada 0°C, titik lebur 170°C, sangat mudah larut dalam air, larut dalam etanol dan dalam metanol.

Bahan ini juga memiliki reaktivitas akan tetapi bisa terurai jika dipanaskan sehingga harus dihindarkan dari panas berlebihan, bahan yang mudah terbakar, bahan organik, agen reduktor, asam kuat, dan logam bubuk.

Secara sifat, amonium nitrat tidak dianggap sangat mudah menguap atau berbahaya, tetapi dalam kondisi tertentu amonium nitrat bisa mematikan. Sebagian besar negara memiliki peraturan yang mengontrol penyimpanannya untuk memastikan keamanannya.

Diperlukan keadaan khusus untuk mengubah amonium nitrat dari senyawa stabil menjadi bahan peledak. Perlu dicatat, ledakan ini tidak memerlukan bahan bakar atau katalis eksternal.

Dampak Penggunaan Amonium Nitrat

Berdasarkan sifat dari amonium nitrat yang terurai menjadi gas dinitrogen oksida dan uap air bila dipanaskan (bukan reaksi eksplosif), hal ini dapat diinduksi untuk meluruh secara eksplosif oleh ledakan. Stok bahan yang besar bisa menjadi risiko kebakaran utama karena adanya oksidasi pendukung yang memungkinkan bahan meledak, seperti yang terjadi pada bencana di Texas City pada tahun 1947, dikarenakan adanya bencana tersebut menyebabkan perubahan besar dalam peraturan untuk penyimpanan dan penanganan bahan Amonium nitrat ini.

Ledakan ini menjadi masalah bagi para korban ledakan yang memiliki masalah pernapasan, pada korban ledakan akan timbul iritasi pada pernapasan, peningkatan serangan asma, batuk, serta mengi yang memburuk. Terkait adanya nitrogen dioksida yang dibuat dari bahan fosil, seperti batu bara, minyak gas atau diesel yang tinggi juga bisa menimbulkan sakit kepala, pusing, perasaan geli di sekujur tubuh. Serta bisa meningkatkan denyut jantung, hipertensi, kejang – kejang ataupun mati lemas.

Contoh Penggunaan Amonium Nitrat

Amonium nitrat dalam kehidupan di manfaatkan sebagai sumber nitrogen untuk pupuk yang berfungsi untuk menyuburkan tanah, yang di dalamnya terdapat kandungan bahan kimia amonium untuk campurannya. Dan juga di gunakan untuk membuat bahan peledak dalam industri pertambangan. Adanya amonium nitrat ini berperan sebagai pengoksidasi, yakni menarik oksigen ke api.

Cara Penyimpanan Amonium Nitrat

Melihat kandungan yang berada di dalam bahan ini yang sangat berbahaya, Maka cara untuk penyimpanan bahan amonium nitrat yang baik yaitu :

  • Bahan disimpan dalam wadah yang tertutup rapat.
  • Disimpan ditempat yang dingin, kering, ventilasi yang baik,
  • Hindari kontak dengan panas, percikan, nyala dan bahan mudah terbakar lainnya
  • Hindari wadah yang rusak untuk mencegah kerusakan fisik.
  • Terpisah dari bahan yang mudah menyala, bahan orrganik dan bahan yang mudah teroksidasi.
  • Hindarkan tempat penyimpanan yang berlantai kayu.
  • Jangan disimpan diatas temperature 54°C (130°F) dan sebaiknya di bawah temperature <30°C (86°F).
  • Wadah bahan ini mungkin berbahaya ketika kosong karena mereka mempertahankan residu produk (debu, padat); amati semua peringatan dan tindakan pencegahan yang terdaftar untuk produk. Jangan menekan, potong, las, mengeraskan, solder, bor, menggiling, atau mengekspos wadah kosong untuk panas, percikan atau nyala api terbuka.

Daftar Pustaka

(2012). Amonium Nitrat, Sentra Informasi Keracunan Nasional (SIKerNas).

Amonium Nitrat. (2020). m.wikipedia,org, https://id.m.wikipedia.org/wiki/Amonium_nitrat.

Apa Itu Amonium Nitrat? (2020). ayobandung.com, https://ayobandung.com/read/2020/08/06/114567/apa-itu-amonium-nitrat.

Bahan Pupuk hingga Peledak, Manfaat Amonium Nitrat yang Sebabkan Ledakan Dahsyat di Lebanon. (2020). akurat.co, https://akurat.co/id-1189102-read-bahan-pupuk-hingga-peledak-manfaat-amonium-nitrat-yang-sebabkan-ledakan-dahsyat-di-lebanon.

Efek Amonium Nitrat dari Ledakan Beirut Lebanon, Radang Pernapasan hingga Merusak Sel Tubuh. (2020). liputan6.com, https://www.liputan6.com/health/read/4323668/efek-amonium-nitrat-dari-ledakan-beirut-lebanon-radang-pernapasan-hingga-merusak-sel-tubuh.

Ledakan Lebanon, Apa Itu Amonium Nitrat dan Kenapa Sangat Berbahaya? (2020). kompas.com, https://www.kompas.com/sains/read/2020/08/06/090600323/ledakan-lebanon-apa-itu-amonium-nitrat-dan-kenapa-sangat-berbahaya-.

Mengenal Amonium Nitrat, Bahan Kimia yang Diduga Menjadi Penyebab Ledakan Beirut. (2020). bebas.kompas.id, https://bebas.kompas.id/baca/internasional/2020/08/05/mengenal-amonium-nitrat-bahan-kimia-yang-diduga-menjadi-penyebab-ledakan-beirut/.

Artikel yang Direkomendasikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.